Tokoh Tersohor Dunia Sains Tahun 2012 (II)

Tokoh Tersohor Dunia Sains Tahun 2012 (II)

Berita Selengkapnya

Jejaring sosial populer, Facebook resmi melantai di bursa saham pada 18 Mei 2012 dengan harga saham per lembar US$38 dan perkiraan valuasi mencapai US$100 miliar atau Rp900 triliun.

Saat pertama kali dibuka untuk publik, saham Facebook mencapai US$19 miliar. Namun seiring waktu, nilai saham jejaring sosial ini terus menurun. Pada akhir Juli 2012, saham Facebook merosot menjadi US$11,8 miliar.

Penurunan nilai saham ini juga berdampak pada kekayaan sang pendiri, Mark Zuckerberg, yang harus merugi US$3 miliar akibat saham Facebook yang merosot.

8. Patrick Moore

Patrik Moore merupakan pakar astronomi yang dikenal sebagai presenter program BBC, 'The Sky At Night' selama 55 tahun. Patrick menulis puluhan buku mengenai astronomi dan risetnya digunakan oleh Amerika Serikat dan Rusia dalam program antariksa kedua negara.

Ia menghembuskan nafas terakhir di rumahnya di Selsey di pesisir selatan Inggris, pada 9 Desember 2012, dalam usia 89 tahun. Moore diyakini sebagai satu-satunya orang yang pernah bertemu dengan tiga orang fenomenal, yaitu orang yang pertama kali terbang Orville Wright, orang yang pertama kali pergi ke antariksa, Yuri Gagarin, dan orang yang pertama kali menginjakkan kaki di Bulan, Neil Armstrong.

Atas beberapa kontribusinya, Ratu Elizabeth memberinya gelar kebangsawanan pada tahun 2001, sehingga ia berhak menyandang gelar Sir.

9. Enam Ahli Seismolog

Sebuah pengadilan daerah di Italia pada Senin, 22 Oktober 2012 menjatuhkan vonis 6 tahun pada enam seismolog dan seorang mantan pejabat. Ketujuh terdakwa yang merupakan anggota National Commission for the Forecast and Prevention of Major Risks dianggap bertanggung jawab atas kejadian gempa bumi dahsyat di L'Aquila, Minggu malam 6 April 2009. Lindu dengan kekuatan 6,3 skala Richter itu merenggut 309 nyawa.

Mereka juga didakwa memberikan informasi yang tidak lengkap dan tidak komprehensif, tentang bahaya tremor sampai gempa yang mengguncang pada 6 April 2009. Hakim setempat juga memutuskan mereka tidak dilarang untuk menduduki jabatan publik lainnya.

0 komentar: